Hari Pertama

Tiba di bandara Abdul Rachman Saleh pukul 9.00 pagi, bandara yang kecil cukup bikin heboh dengan anak 4 yang lari sana sini.. Gak sempet liat di bandara ada resto apa saja.. Yang pasti parkiran dan tempat pesawat landing bisa saling kelihatan karena kecil banget bandaranya, kata Rahmat, ini mah bandara medan tahun 1969.. hahahaha..

Dijemput mobil ELF, enak banget luas, mobilnya bagus ada TV, supirnya pun tahu jalan.. Saya sewa mobil di www.rentalsewamobilmalang.com, kemakan iklan di webnya dengan kata-kata “mobil baru, ada TV, dan supir profesional”.. Alhamdulillah bener semua.. Memilih ELF biar seru aja bisa semobil ber-8, dan barang2 kita kan banyak tuh, masuk semua satu mobil..

Tujuan pertama kami karena masih jam 10.00 pagi, makan bakso.. setelah browsing-browsing di Jakarta, pilihan jatuh ke Bakso Bakar Pahlawan Trip.. Memilih ini karena lihat gambar nya di google tempatnya paling okeh untuk bawa anak-anak, kaya Akiano yang masiih lari sana sini.. Murahhhhh bangetttt, bisa dibilang masing-masing pesen 2 menu, minuman jus, pake es campur segala, pas bayar hanya Rp. 197.000.. Yang makan 8 orang lohhh (termasuk anak-anak).. Sayang gak sempet foto, udah rempong sama anak-anak..

Selanjutnya ke Toko OEN, resto jadul yang katanya wajib datang kalau ke Malang.. Gw pribadi siy kurang suka dengan rasa dan tekstur es krimnya.. Kami pesan Es Krim Special Toko Oen..

es krim toko oen

Menuju Batu dari Malang, butuh waktu 45 menit.. Saat tiba di Batu, check in hotel Pohon Inn.. Kami dapat gratis tiket masuk Batu Night Spectacular (BNS) tapi harus digunakan pada hari itu juga, yang akhirnya tidak kami gunakan.. Oia, untuk booking hotel Pohon Inn ini sebaiknya dari jauh-jauh hari, baca-baca cerita orang-orang di internet, sebaiknya 3 bulan sebelumnya sudah booking.. Saat kita booking mesti bayar DP 50%.. Dan jangan lupa minta view yang ke zoo.. Kami dapat kamar deluxe view zoo.. Kamar yang oke dengan balkon paling luas, adalah kamar nomor 5, 7, 9.. Saya dapat kamar 607.. Viewnya bagus banget, pas nyampe langsung pengen foto-foto, dan cuaca kota batu enak banget, dingiiiiiiinnnn segarrr..

View Kamar di Pohon Inn Hotel

view hotel pohon inn
View Kamar Kami

Setelah Check-in dan leha-leha sedikit, kami lanjut ke Museum Angkut.. Saat masuk tas akan diperiksa, kalau membawa kamera harus bayar Rp. 30.000,- atau kamera boleh dititipkan dahulu.. Isinya segala jenis mobil, motor, sepeda, dan angkutan lainnya, dari yang jadul sampai yang terbaru.. Saya sampe eneg liat mobil, suami siy seneng bgt semua mobil dan motor difotoin satu-satu, agak bosan untuk saya di sini.. Tapi serunya tiap bagian dibuat seakan-akan kita memang ada di jaman itu dan ada di negara itu.. Keren lahhh.. Kaget pas tanya ke salah satu staff penjaga museum, semua ini yang punya hanya satu orang, orang itu juga yang punya JatimPark Group.. Maigattttt tajir amat yah niy orang koleksinya aja kaya gini sgini banyakkkkk, gimana mobil di rumahnya dia yahhh..

Museum Angkut
Beginilah kira-kira pak suami motret setiap detail mobil dan motor ;D
Beginilah kira-kira pak suami motret setiap detail mobil dan motor ;D, masih ada ribuan foto (lebay)..

Makan malam di Pasar Apung, tepat di depan Museum Angkut.. Murah-murah banget lahhh makanan di Malang, Keira mau naik perahu, GRATISSS, tapi dayung sendiri.. Kalau mau didayungin bayar Rp. 10.000 per orang (kalau tidak salah ingat)..

Di Museum Angkut setiap jam 20.00 ada pertunjukan Video Mapping, kami sengaja nunggu pengen lihat video ini.. Udah ngambil posisi tempat duduk strategis biar enak nontonnya, dan kami kecewaaaa.. Gak oke ahhh.. Mungkin karena kami terlalu ngarep itu sebagus museumnya yahh, Atau mungkin kalau sabtu /minggu lebih bagus kali yah.. Kesimpulannya, ga usah nunggu lah video mapping nya, hehehe..

Selonjoran di kamar, enakkk banget cuaca dingin, kami di kamar hotel semalaman tidur tidak pakai AC, anak-anak pun nyenyak saja tidak kepanasan.. Kamar hotel juga lumayan luas, bisa banget kok kalau mau nambah extra bed lagi, misalkan mau bawa mbak gitu..

Hari Kedua

Keesokan paginya kami sarapan di Jungle Resto, restoran ini menarik banget, suasananya dibuat seperti makan dalam hutan “bagus”, di bagian belakang bisa liat Leopard, Cheetah, dan Serval.. Anak-anak mah jangan ditanya lagi seneng banget lihat binatang, jadinya gak mau makan malah lihat-lihat, hahahahaha.. Itu anak saya yahhhh ;).. Makanannya oke, banyak macamnya, gw masih inget niy makanannya : booth bubur ayam, nasi putih, nasi goreng, mie/bihun goreng, sayuran oseng, brokoli goreng tepung, ayam goreng (enaaakkk), booth telur-teluran, soto ayam/daging, gado-gado/lontong sayur, sereal, roti dengan selainya, teh, kopi, air mineral.. Tempat makan yang berbatasan langsung dengan kaca-kaca binatang bisa berputar, lumayan seru, bisa muterin restonya sambil duduk makan, sementara anak-anak siy teteeeep ajaaa lari sana sini, jadi “makan tenang” hanyalah sebuah tulisan, hahahaha..

Jungle Resto @ Pohon Inn Hotel

Oia, di jungle resto ini juga ada pertunjukan, jadi pada jam-jam tertentu suasana resto akan berubah jadi kaya di hutan beneran, ada suara hujan, suara gledek, patung-patung binatang gerak semuanya.. Lumayan seru lah.. Tanya aja ke reception ada nya jam berapa aja, pokoknya seinget aku ada 3 kali sehari, pagi siang malam..

Anak-anak setelah sarapan udah ga sabar mau ke zoo, sementara emak bapaknya belum ada yang mandi..

Batu Secret Zoo, buka pukul 10.00 pagi.. Ada banyak show (memberi makan hewan), tapi ini hanya berlaku pada sabtu minggu saja.. Puas banget jalan-jalan di BSZ, binatangnya banyak banget, keira dan akiano seneng bgt sampe ga ada capeknya jalan-jalan.. Jangan lupa bawa baju ganti + handuk + perlengkapan mandi, karena ada water park nya.. Kalau mau main di playgroundnya mesti pakai kaos kaki, jadi jangan lupa bawa yah.. Kita sempet nonton Sea Lion show, show ini ada setiap hari..

Biar ga capek di BSZ sewa e-bike, keira seneng banget nyetir e-bike, keliling-keliling.. Sebaiknya sewa e-bike saat di kolam Flamingo, tinggal telp aja nanti akan diantar..

Batu Secret Zoo

Setelah puas di BSZ, pulangnya di pintu keluar BSZ, ada Museum Satwa.. Museum yang isinya patung beraneka hewan, dipamerin dengan sangat menarik dan “niat” banget, bagus deh pokoknya.. Saya sempat sholat disini, bagus mushollanya bersih, tapi mukenanya agak bau, hehehe..

Museum Satwa

Saatnya balik hotel lagi, dan gelang tiket wahana yang kami gunakan, tidak kami buka biar besoknya bisa masuk Eco Park dan BSZ lagi..

Hari Ketiga

Sebelum berangkat ke Eco Park, kami minta cap di gelang tiket dulu di reception hotel, agar bisa masuk di Eco Park.. Dari Pohon Inn ke Eco Park ada shuttle bus, tapi kami memilih jalan, karena memang tidak jauh..

Eco Park, isinya banyak unggas, segela macam burung, segala macam bebek, sampe puas deh boleh lihat dan pegang beberapa burung.. Sebaiknya sewa e-bike juga di Eco Park ini, karena tempatnya lumayan gedeeee.. Kami menyesal ga pakai e-bike disini..

Ecopark

Malamnya kami jalan-jalan ke Batu Night Spectacular (BNS) sekalian cari makan malam.. Isi nya beberapa wahana untuk anak-anak dan dewasa, tapi untuk naik wahananya bayar lagi sekitar Rp. 12.500,- per wahana.. Untuk masuk taman lampion juga bayar Rp. 12.500,-.. Disini kami hanya makan dan lihat-lihat saja, karena sudah capek, dan anak-anak sudah pada teler..

Karena malam terakhir di Batu, kami minta supir taksi keliling sedikit di kota batu, ke alun-alun, trus pulangnya mampir beli terang bulan (martabak manis).

Hari Keempat

Untuk ke bandara kami sewa mobil dari hotel, minta mobil avanza/xenia.. Barangnya banyak dan bawa stroller..

Setelah check-out kami mampir beli oleh-oleh dulu, tapi agak kesal dengan supir yang membawa kami, karena kami dibawa ke tempat oleh-oleh yang agak mahal dan tempatnya super jelek, berdebu.. Pas tanya-tanya supir yang satu lagi, ternyata yang bagus namanya Brawijaya, pas lewatin tempatnya, iya lohh bagus ber-AC, lebih bersih..

Kami makan siang di Lai Lai resto, makanan international tapi murahhh dan mayan enakkk.. Saya pesan baked macaroni cream sauce hanya Rp. 17.500, terus minumannya pesan Magnum Affogato hanya Rp. 17.500.. duhh enak yah di malang murah-murah banget..

Gak jauh dari Lai Lai ini ada Pia Mangkok, oleh-oleh khas kota malang, jalan kira-kira 100 meter.. Saat saya kesana, hiks tinggal rasa coklat, yg lain mesti nunggu beberapa jam.. Jadi saya beli yang coklat saja, enaaaaakkkkk.. JAdi sebaiknya kalau mau beli bisa pesan dulu.. Ada rasa coklat, keju, kacang hijau.. Toko Pia Mangkok ini juga menjual oleh-oleh lainnya, harganya pun lebih murah daripada toko oleh-oleh di Batu..

Ahhh sudah tidak sabar sampe Jakarta, mau nyalon, pijet, ada mba yang bisa bantuin megang anak-anak.. hehehe..

Kesimpulannya liburan ini seru banget, suka banget dengan Jatim Park, muraaaaahhhhhhh.. Gw sampe mikir ini yang punya Jatim Park Group pasti pahalanya gede, murah gini bisa semua lapisan masyarakat menikmati hiburan yang bagus gini.. Saya akan balik lagi kesanaaa, pastiii..!!

Tips :

• Pesan hotel langsung saja ke pihak Pohon Inn, lebih murah daripada ke web hotel-hotel lainnya.. Pesan hotel jauh-jauh hari, setidaknya 3 bulan sebelumnya.. Pihak hotel sangat kooperatif, membalas email juga cepat..
  • Minta kamar hotel yang menghadap ke zoo dan bernomor 5 / 7 / 9, karena balkonnya lebih besar daripada kamar lainnya..
  • E-bike bisa dipesan dahulu, bahkan dari sehari sebelumnya.. Karena kalau penuh suka kehabisan, seperti pengalaman saya di hari kedua terpaksa nunggu e-bikenya tersedia..
  • Kata supir saya sarapan di alun-alun sangat menarik, ada pecel, ketan susu, dll.. Semuanya buka dari pagi jam 7 pagi..
  • Untuk jalan-jalan di Batu, pakai taksi saja, tidak perlu sewa mobil seharian, karena jarak tempuh satu tempat ke tempat lainnya hanya 2-5 km, dekat sekali, jadi palingan bayar taksi jg murah..
  • Warung Wareg di Batu mesti deh dicoba, makanannya enak-enak, ada playgroundnya.. Yang pasti juga teteppp ga mahal, hehehe..
  • Sebaiknya bawa persedian jaket yang cukup, cuaca siang hari memang agak panas, tapi diatas jam 4 sore angin mulai kencang dan dingin.
  • No telp supir yang rekomen, Pak Ari : 082230404763

Rincian Pengeluaran

Tiket Pesawat

Berangkat Citilink :                           Rp.   688.100

Kembali Sriwijaya :                           Rp.   819.400

Hotel Pohon Inn 3 malam

Per malam @ Rp. 735.000               Rp.  2.205.000

Makan siang saat baru tiba