Jakarta, 17 Mei 2017


Anak-anak kesukaannya sama binatang, mungkin keturunan kakek neneknya yang orang kehutanan 😁. Karena saya dan suami, dari mereka lahir sama sekali ga pernah cekokin yang berbau alam. Seperti orang tua jaman sekarang, liatinnya ya disney junior. 😅

Ke Taman Mini menjadi salah satu destinasi “selain mall”. Anak saya yang pertama umur 8 tahun dan yang kedua umur 4 tahun, keduanya suka dengan binatang, jadi tempat yang cocok dikunjungi di taman mini : akuarium air tawar, museum reptil, dan taman burung.

Sekarang bahas yang museum air tawar dulu yah..

Sebelum pintu loket masuk ada makanan ikan yang dijual Rp. 2.000,- lumayan banyak isinya perkantong. Untuk diberikan pada ikan yang ada di jembatan.


Akuarium air tawar ini bergabung dengan museum serangga dan taman kupu-kupu. Bayar Rp. 25.000,- untuk masuk kedua tempat tersebut.

Akuarium air tawar ini berisi kumpulan ikan-ikan yang hidup di air tawar. Ada ribuan macam ikan yang ada disini.  Setiap jenis ikan disimpan dalam akuarium terpisah.

Setiap akuarium ada penjelasan mengenai nama ikan, dan makanannya apa.

Di dalam museum ada kolam sentuh ikan.


Ada area yang semi terbuka, yang lumayan bagus untuk foto-foto.


Dan dibagian terakhir ada yang jual merchandise ikan air tawar. Menurut saya bagian ink sangat menarik untuk anak-anak, karena bisa beli berbagai macam ikan kecil dalam aquarium kecil, ada kura-kura dan udang air tawar juga yang dijual. Harganya berkisar dari Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- tergantung jenis ikan yang dibeli. Dan bisa beli makanannya juga.

Biaya :

Pintu masuk TMII :

  • Mobil Rp. 10.000,-
  • Per orang Rp. 10.000,-

Akuarium Air Tawar Rp. 25.000,- per orang (anak dibawah 100cm gratis)

Video kunjungan :

Akuarium Air Tawar Taman Mini Indonesia

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *